BERITA
BERANDA  |  BERITA  |  ARTIKEL PACIFIC  |  DETIL

Punya Uang Lebih, Tabung Atau Investasi?

JAKARTA, Uang merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia saat ini. Dengan uang, kita dapat membeli kebutuhan barang ataupun jasa yang kita butuhkan. Akan tetapi bagaimana jika kita mengalami kondisi kelebihan uang, sementara semua kebutuhan dasar kita telah terpenuhi? Umumnya kita akan menyimpan kelebihan/ sisa uang yang kita miliki. Ada beberapa cara untuk menyimpan kelebihan uang kita, seperti menyimpan di tabungan bank, melakukan penempatan deposito di bank, dan tentunya melakukan investasi. Lalu yang jadi pertanyaan adalah, manakah cara paling efektif untuk menyimpan kelebihan uang kita?

Menabung di Bank merupakan cara paling mudah untuk memperlakukan sisa uang yang kita miliki. Kita hanya tinggal menyimpan uang kita di bank dalam bentuk tabungan, dan kita memperoleh bunga atas simpanan uang kita. Akan tetapi bunga tabungan tergolong kecil, bahkan hanya di kisaran 0% - 2% per tahun nya. Kondisi ini tentu tidak baik untuk nilai uang kita, karena perlu kita ingat bahwa Inflasi merupakan musuh dari nilai uang yang kita miliki. Sebagai informasi, tingkat inflasi Indonesia saat ini di kisaran 3%. Artinya secara umum, nilai uang kita turun sebesar 3% apabila kita hanya menyimpan uang yang kita miliki. Dengan bunga tabungan yang hanya 2% pun, nilai uang kita turun 1% per tahun nya.

Lalu bagaimana cara memaksimalkan sisa uang yang kita miliki saat ini? Apabila tetap ingin menyimpan uang di bank, deposito dapat menjadi salah satu cara menjaga nilai uang kita karena bunga deposito lebih tinggi dari bunga tabungan.

Tabel diberikut adalah beberapa suku bunga deposito dari beberapa bank

 

 

 

(sumber: https://pusatdata.kontan.co.id/bungadeposito/)

Dari table di atas dapat kita lihat bahwa suku bunga deposito rata-rata berada di atas 5% per tahun. Artinya apabila kita menempatkan uang kita di deposito, nilai uang kita akan tumbuh lebih tinggi dari tingkat inflasi.

Bagaimana jika kita ingin uang kita tumbuh lebih tinggi lagi? Investasi merupakan jawaban dari pertanyaan ini. Investasi bias berupa membeli tanah/ property, membeli emas, dan yang terakhir adalah investasi di pasar modal baik berupa saham, obligasi, maupun reksadana.

Apabila kita memilih untuk beinvestasi, manakah instrument investasi yang terbaik?

Pembahasan nya akan kami paparkan pada artikel selanjutnya, jadi tetap pantau website kita ya….Salam Sukses.

PT Pacific Life Insurance

  Menara Utara BP Jamsostek, Menara Utara Lt. 12A Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 38 Jakarta 12710

+62 21 508 20758 - +62 21 508 20757

cs@pacificlife.co.id