BERITA
BERANDA  |  BERITA  |  ARTIKEL PACIFIC  |  DETIL

Benarkah Indeks Masa Tubuh Berpengaruh Pada Kesehatan?

Jakarta, Banyak pemahaman bahwa dengan berat badan ideal berarti Anda sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Lalu darimana kita mengetahui batasan berat badan ideal berdasarkan tinggi badan? Disinilah Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) berperan.

Apa itu Body Mass Index (BMI)?

Body Mass Index (BMI) adalah metrik standar yang digunakan untuk menentukan apakah berat badan Anda masuk dalam golongan berat badan sehat atau tidak sehat.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda, dengan perhitungan membagi berat badan (kilogram) dengan tinggi badan dalam (meter) kuadrat.

 

 

Walaupun demikian, BMI tidak bisa dijadikan tolak ukur kesehatan seseorang. Karena BMI tidak dapat menghitung jumlah dan distribusi lemak tubuh yang merupakan salah satu faktor resiko penting terhadap penyakit kronis. Orang kurus mungkin saja tetap punya perut buncit atau menderita Diabetes. Sama halnya dengan postur badan tinggi besar, tidak selalu berarti buruk. Banyak orang yang memiliki berat badan di atas “normal” dinyatakan sehat. Selain itu, angka BMI yang rendah juga mungkin diakibatkan oleh banyak faktor, misalkan pada usia lanjut.

 

 

 

 

 

Artinya, BMI tidak sepenuhnya mewakili diagnosis menyeluruh dari kesehatan Anda dan risiko terhadap penyakit. Tetap jaga pola makan sehat dan sebisa mungkin sempatkan waktu untuk berolahraga agar Anda selalu bugar setiap saat. (Dikutip dari berbagai sumber.)

PT Pacific Life Insurance

  Menara Utara BP Jamsostek, Menara Utara Lt. 12A Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 38 Jakarta 12710

+62 21 508 20758 - +62 21 508 20757

cs@pacificlife.co.id