BERITA
BERANDA  |  BERITA  |  ARTIKEL PACIFIC  |  DETIL

Selain Beribadah, Puasa Juga Memberikan Manfaat Untuk Kesehatan

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan bukan hanya sekadar menahan haus dan lapar. Lebih dari itu, banyak manfaat kesehatan yang didapat dari puasa. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari menjalankan puasa:
 
1. Membantu mengontrol kadar gula darah
 
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan sangat berguna bagi mereka yang berisiko diabetes. Puasa sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori sehingga dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormone insulin, hal ini berakibat terhadap proses penyerapan glukosa dalam darah oleh sel-sel tubuh menjadi lebih efisien.
 
2. Membantu melawan proses peradangan 
 
Proses peradangan akut adalah proses kekebalan tubuh normal yang digunakan untuk membantu melawan infeksi, sementara proses peradangan kronis dapat memiliki konsekuensi yang serius bagi kesehatan Anda. Proses peradangan kronis mungkin terlibat dalam kondisi penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan Rheumatoid Arthritis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan beberapa tanda peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan. 
 
3.Dapat meningkatkan kesehatan jantung 
 
Mengubah pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa memasukkan puasa ke dalam rutinitas Anda sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung.
Suatu studi mengungkapkan bahwa puasa delapan minggu bergantian dapat mengurangi kadar trigliserida dan LDL masing-masing sebesar 25% dan 32%. Ada pula studi lain pada 110 orang dewasa dengan obesitas, menunjukkan hasil bahwa puasa selama tiga minggu di bawah pengawasan medis secara signifikan menurunkan tekanan darah, kolesterol total, trigliserida, dan LDL.
 
4.Membantu penurunan berat badan dengan membatasi asupan kalori dan meningkatkan metabolisme
 
Puasa dikenal juga sebagai cara cepat dan mudah untuk menurunkan berat badan. Berpantang dari semua makanan dan minuman artinya mengurangi jumlah asupan kalori, yang dapat meningkatkan metabolisme dengan cara meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin yang membantu tubuh dalam proses penurunan berat badan.
 
5. Meningkatkan pengeluaran hormon pertumbuhan
 
Hormon pertumbuhan manusia (HGH) adalah sejenis hormon protein yang juga mempunyai peran penting bagi kesehatan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa hormon ini terlibat dalam proses pertumbuhan, metabolisme tubuh, penurunan berat badan, dan menjaga kekuatan otot. Dan secara alami, puasa dapat meningkatkan kadar HGH.
 
Jadi, apa yang sebaiknya kita lakukan selama menjalankan puasa agar tetap bugar dan imunitas terjaga?
 
1. Minum cukup air, tetap terhidrasi adalah hal penting agar tubuh tetap sehat saat berpuasa.
 
2. Cukup tidur cukup istirahat, karena tubuh memerlukan istirahat yang cukup untuk menjalankan puasa keesokan harinya.
 
3. Hindari atau kurangi kafein dan makanan manis, karena kafein dan makanan manis cenderung memicu dehidrasi ketika berpuasa.
 
4. Jangan lewatkan makan sahur, karena asupan protein dan karbohidrat dibutuhkan sebagai energi dalam menjalankan puasa hingga waktu berbuka tiba.
 
5. Makanlah makanan dengan gizi seimbang, dan perbanyak makan sayur dan buah.
 
6. Tetap lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap bugar dan imunitas terjaga.
 
 
Referensi sumber :
 
PT Pacific Life Insurance

  Menara Utara BP Jamsostek, Menara Utara Lt. 12A Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 38 Jakarta 12710

+62 21 508 20758 - +62 21 508 20757

cs@pacificlife.co.id